KISI-KISI UJIAN AKHIR SEKOLAH SMA TAHUN 2015/2016
JenisSekolah : SMA
ISLAM KEPANJEN AlokasiWaktu : 120menit
Program : IPA JumlahSoal : 40
Mata Pelajaran : FISIKA Penyusun : Nurlaili firdausi
Kurikulum : 2013 BentukSoal : PilihanGanda
NO.
|
LEVEL KOGNITIF
|
INDIKATOR SKL
|
MATERI
|
KELAS
|
INDIKATOR SOAL
|
NomorSoal
|
Kunci Jawaban
|
1
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang pengukuran
|
pengukuran
|
x
|
Diberikan beberapa hasil pengukuran panjang dan lebar
siswa mampu menerapkan aturan angka penting mengenai hasil perkalian
|
1
|
A
|
2
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang vektor
|
vektor
|
x
|
Diberikan tiga buah vektor
dengan besar sudut tertentu pada sumbu koordinat siswa mampu menghitung besar
resultan gaya
|
2
|
A
|
3
|
Penalaran
|
Siswa mampu bernalar tentang gerak lurus
|
Gerak lurus
|
x
|
Diberikan dua benda yang
bergerak saling mendekat dengan kecepatan tetap siswa mampu menemukan jarak
yang ditempuh salah satu benda agar bertemu
|
3
|
A
|
4
|
Penalaran
|
Siswa mampu bernalar tentang gerak melingkar
|
Gerak melingkar
|
x
|
Diberikan beberapa pernyataan
tentang sebuah benda yang bergerak melingkar beraturan, sisa mampu
menganalisis pernyataan yang benar
|
4
|
B
|
5
|
Penalaran
|
Siswa mampu bernalar tentang keseimbangan benda tegar
|
Keseimbangan benda tegar
|
xi
|
Diberikan dua benda yang
dihubungkan dengan talu membentuk sudut tertentu siswa mampu menganalisis
berat maksimum balok agar sistem dalam keadaan seimbang
|
5
|
A
|
6
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hukum newton
|
Hukum newton
|
x
|
Diberikan gambar dua benda
yang dihubungkan dengan tali siswa mampu menghitung besar percepatan sistem
|
6
|
A
|
7
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang momen
inersia
|
Momen inersia
|
x
|
Diberikan gambar tiga buah partikel
pada jarak yang berbeda melalui sumbu pusat koordinat siswa mampu menghitung
besar momen inersia sistem
|
7
|
E
|
8
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang momen gaya
|
Momen gaya
|
x
|
Diberikan gambar katrol pejal
yang dihubungkan dengan benda siswa mampu membandingkan percepatan sudut
sebelum dan sesudah penempelan plastisin
|
8
|
E
|
9
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hukum
newton
|
Hukum newton tentang
gravitasi
|
xi
|
Diberikan dua benda dengan ketinggian
tertentu dari permukaan bumi siswa mampu membandingkan kuat medan garvitasi
dua bend
|
9
|
D
|
10
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang titik berat
|
Titik berat
|
xi
|
Diberikan gambar dua bidang
persegi panjang pada sumbu koordinat siswa mampu merepakan konsep titik berat
|
10
|
B
|
11
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang elastisitas
|
elastisitas
|
x
|
Diberikan garik gaya terhadap
pertambahan panjang siswa mampu menghitung besar energi potensil pegas pada
pertambahan panjang tertentu
|
11
|
A
|
12
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang usaha
|
usaha
|
x
|
Diberikan besaran sebuah
benda dengan massa tertentu bergerak dengan kecepatan tertentu siswa mampu
menerapkan konsep usaha yang dikerejakan pada benda selama selang waktu
tersebut
|
12
|
C
|
13
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang energi
|
energi
|
xi
|
Diberikan besaran sebuah
benda yang jatuh bebas dari ketinggian tertentu siswa mampu menghitung besr
energi kinetik benda pada ketinggian tertentu
|
13
|
C
|
`14
|
Penalaran
|
Siswa mampu bernalar tentang tumbukan
|
tumbukan
|
xi
|
Diberikan besaran seseorang
naik perahu dengan kecepatan tertentu kemudian orang tersebut meloncat dari
perahu, siswa mampu menganalisis kecepatan perahu sesaat setelah orang
tersebut meloncat
|
14
|
D
|
15
|
Penalaran
|
Siswa mampu bernalar tentang fluida statis
|
Fluida statis
|
x
|
Diberikan balok es yang
terapung didalam bejana yang berisi air gula isswa mampu memecahkan masalah
tentang persentase bagian es yang terendam air gula
|
15
|
C
|
16
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang fluida
dinamis
|
Fluida dinamis
|
xi
|
Diberikan gambar aliran
fluida ideal pada dua penampang yang berbeda siswa mampu menghitung besar
kecepatan fluida pada penampang yang lebih sempit
|
16
|
D
|
17
|
Aplikasi
|
Siswa mampu memahami fluida dinamis
|
Fluida dinamis
|
xi
|
Diberikan gambar sayap
pesawat siswa mampu menjelaskan syarat agar sayap pesawat dapat mengangkat
pesawat
|
17
|
B
|
18
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kalor
|
kalor
|
x
|
Diberikan besaran es dengan
suhu tertentu dimasukkan kedalam air denga suhu tertentu siswa mampu
menerapkan asa black untuk mengetahui suhu campuran
|
18
|
C
|
19
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang perpindahan
kalor
|
Perpindahan kalor
|
x
|
Diberikan gambar dua logam
dengan suhu tertentu yang disambung siswa mampu menerapkan konsep perpindahan
kalor untuk mengetahui suhu sambungan
|
19
|
B
|
20
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang teori
kinetik gas
|
Teori kinetik gas
|
xi
|
Diberikan besaran gas dengan
tekaanan , volume tertentu, siswa mampu membandingkan energi kinetik sebelum
dan sesudah penurunan tekanan
|
20
|
D
|
21
|
Aplikasi
|
Siswa mampu memahami tentang teori kinetik gas
|
Teori kinetik gas
|
xi
|
Diberikan persamaan usaha
yang dilakukan gas siswa mampu menunjukkan pernyataan yang benar
|
21
|
A
|
22
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang gelombang
|
gelombang
|
xi
|
Diberikan gambar rambatan
gelombang berjalan siswa mampu memodifikasi persamaan gelombang berjalan yang
tepat
|
22
|
C
|
23
|
Aplikasi
|
Siswa mampu memahami tentang gelombang
|
gelombang
|
xi
|
Diberikaan beberapa
pernyataan tentang cepat rambat gelombang pada tali siswa mampu
mengidentifikasi pernyataan yang benar
|
23
|
C
|
24
|
Aplikasi
|
Siswa mampu memahami tentang gelombang elektromagnet
|
Gelombang elektromagnet
|
xii
|
Diberikan salah satu jenis
gelombang elelktromagnetik siswa mampu menyebutkan bahaya gelombang
eletromagnetik dengan benar
|
24
|
C
|
25
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang cahaya
optik
|
Cahaya optik
|
x
|
Diberikan gambar pembentukan
bayangan leh mikroskop siswa mampu menghitung besar jarak antara lensa
obyektif dan lensa okuler
|
25
|
D
|
26
|
Penalaran
|
Siswa mampu bernalar tentang optik fisis
|
Optik fisis
|
xii
|
Diberikan besaran sebuah
celah dengan lebar terentu dan panjang gelombang tertentu siswa mampu
menganaliss besar celah minimum agar mempunyai panjang gelombang tertentu
|
26
|
D
|
27
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang bunyi
|
bunyi
|
xii
|
Diberikan gambar mobi pemadam
kebakaran yang bergerak dengan kecepatan trtentu sambil membunyikan sirine
siswa mampu menghitung frekuensi yang didengar oleh pendengar yang diam
|
27
|
C
|
28
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang bunyi
|
bunyi
|
xii
|
Diberikan besaran sebuah bel
yang berdering dengan intensitas tertentu siswa mampu membandingkan
intensitas bunyi pada beberapa jarak tertentu
|
28
|
C
|
29
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang listrik
statis
|
Listrik statis
|
xii
|
Diberikan dua buah titik
bermuatan listrik siswa mampu menerapkan rumus hukum coluomb untuk menentukan
jarak antara kedua muatan setelah muatan diperbesar
|
29
|
C
|
30
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang listrik
statis
|
Listrik statis
|
xii
|
Diberikan kuat medan disuatu
titik sejauh jarak tertentu siswa dapat mendeskripsikan besarnya muatan dan
jarak pada kuat medan tertentu
|
30
|
E
|
31
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kapasitor
|
Listrik statis
|
xii
|
Diberikan tiga kapasitor pada
rangkaian seri paralel siswa mampu menghitung besar potensial pada kapasitor
tertentu
|
31
|
B
|
32
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang listrik
dinamis
|
Listrik dinamis
|
xii
|
Diberikan gambar rangkaian
dua loop siswa mampu menerapkan hukum kirchoff untuk menentukan energi
listrik
|
32
|
E
|
33
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kemagnetan
|
kemagnetan
|
xii
|
Diberikan kawat lurus panjang
dialiri arus tertentu siswa mampu menerapkan hukum biot savart untuk
mennetukan besar kuat medan magnet
|
33
|
B
|
34
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kemagnetan
|
Kemagnetan
|
xii
|
Diberikan dua kawat lurus
dengan jarak dan arus tertenru siswa mampu menerapkan konsep gaya lorentz
untuk menentukan arus listrik pada salah satu kawat
|
34
|
B
|
35
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kemagnetan
|
Kemagnetan
|
xii
|
Diberikan gambar sebuah kawat
yang digeser pada medan magnet dengan besar tertentu siswa mampu menhhitung
besar arus dan menentukan arahnya
|
35
|
D
|
36
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kemagnetan
|
Kemagnetan
|
xii
|
Diberikan generator pembangkit
listrik AC pada ukuran tertentu siswa mampu menghitung ggl maksimum
|
36
|
D
|
37
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kemagnetan
|
Kemagnetan
|
xii
|
Diberikan gambar rangkaian
seri RLC sswa mampu menghitung besar tegangan anatar titik tertentu
|
37
|
B
|
38
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang efek
fotolistrik
|
Efek fotolistrik
|
xii
|
Diberikan pernyataan tentang
efek fotolistrik siswa mampu mendiskripsikan pernyataan yang benar
|
38
|
A
|
39
|
Bernalar
|
Siswa mampu bernalar tentang fisika inti
|
Fisika inti
|
xii
|
Diberikan besaran massa pada
reaksi fusi siswa mampu menganalisis tentang besarnya energi yang dibebaskan
|
39
|
C
|
40
|
Aplikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang fisika inti
|
Fisika inti
|
xii
|
Diberikan beberapa manfaat
dari radioisotop siswa mampu menganalisis pernyataan yang benar
|
40
|
E
|
No comments:
Post a Comment