Wednesday, 15 June 2022

REFLEKSI 4P

REFLEKSI 4P PADA MODUL 1.1 DAN 1.2  PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 5 KABUPATEN MALANG

Peristiwa

Momen yang paling menantang bagi diri saya dalam proses pembelajaran modul 1.1 dan 1.2 adalah Mengubah paradigma pembelajaran saya dengan paham modul ini saya menjadi berpikir  bagaimana saya harus menerapkan nilai - nilai guru penggerak (inovatif, kolaboratif, mandiri, berpihak pada murid dan reflektif) dengan memuat filosofi KHD didalamnya di sekolah saya. 

Kaitan antara modul 1.1 dan 1.2 yang saya pahami adalah bahwa nilai-nilai guru penggerak adalah suatu perwujudan dari filosofi KHD. KHD menjelaskan bahwa dasar pendidikan berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Nilai-nilai tersebut pada akhirnya akan bermuara pada anak didik dan kita sesuaikan dengan keadaan alam dan zamannya

Perasaan

Saat momen belajar modul ini saya bagaikan seorang siswa yang mengimplementasikan merdeka belajar. dengan mengatur cara belajar sendiri dengan mandiri, saya memerdekakan diri sendiri. dan refleksi dari momen belajar ini saya merasa bahwa selama ini sebagai pendidik masih harus banyak belajar mengembangkan kemampuan pedogogik, memahami siswa saya sebagai suatu subyek pembelajaran bukan sebagai obyek pembelajaran. Saya sadar dan saya harus melakukan sesuatu untuk siswa agar mereka memperoleh kemerdekaan belajarnya.

Pembelajaran

Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa selama ini saya sudah melaksanakan kewajiban saya sebagai guru dengan merancang perencanaan, masuk sesuai jadwal, dan memberikan pembelajaran sesuai dengan KD yang harus dituntaskan. Sekarang saya berpikir bahwa tugas pendidik bukan hanya itu, menyiapkan mental, emosi mereka agar otak reptil (penjaga) aman sehingga kemampuan berpikir siswa bisa berpikir lebih kompleks itu sangat perlu sekali dengan menerapkan ice breaking sebelum pembelajaran dan menggunakan pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Penerapan ke depan (Rencana)

Pengembangan diri yang sederhana untuk membantu menguatkan nilai-nilai penggerak adalah :

1. Selalu melakukan refleksi pembelajaran bersama supervisor yang rutin saya lakukan di sekolah

2. Mengimplementasikan model-model pembelajaran abad 21 di kelas seperti Problem Based Learning, Project Based Learning, Discovery learning, pendekatan STEAM (Sains Technology, Engineering, Art and Mathematic)

3. Penggunaan media pembelajaran sesuai era 4.0 seperti padlet untuk diskusi pembelajaran, Google clashroom, penggunaan kuis online, penggunaan LMS sekolah.


No comments:

Post a Comment