KISI-KISI
SOAL PREDIKSI UJIAN NASIONAL TAHUN 2015/2016
PAKET 01
MATA PELAJARAN
FISIKA
KISI-KISI PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2015/2016
PAKET 01
Jenis sekolah : SMA Jumlah Soal : 40
Mata pelajaran : Fisika Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Kurikulum : 2013 Penyusun : TIM
Alokasi waktu : 120
menit
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
TINGKAT KESUKARAN
|
NO SOAL
|
1.
|
Memahami
prinsip-prinsip pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung
dengan cermat, teliti dan obyektif.
|
Membaca hasil
pengukuran suatu alat ukur dan menentukan hasil pengukuran dengan
memperhatikan aturan angka penting.
|
Jangka Sorong
|
Ditunjukkan pengukuran
dengan menggunakan jangka
sorong, siswa dapat menentukan
diameter plat(panjang batang) logam.
|
|
1
|
Menentukan resultan
vektor dengan berbagai cara.
|
Resultan vektor
metode analitis
|
Diberikan diagram
cartesius tiga buah vektor,siswa dapat
menentukan besar dan arah resultan
vektor dengan metode analitis.
|
|
2
|
||
2.
|
Memahami gejala
alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar,
usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls, momentum dan masalah fluida.
|
Menentukan
besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak
parabola.
|
GLB
|
Diberikan data hasil percobaan tetesan oli motor yang melaju
pada jalan lurus, siswa dapat
menentukan jenis gerak benda (GLB/GLBB)
|
|
3
|
Hubungan roda-roda
|
Diberikan
gambar hubungan roda-roda, siswa dapat membandingkan kecepatan sudut roda-
roda
|
|
4
|
|||
Menentukan berbagai
besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Hukum II Newton
|
Diberikan gambar gaya-gaya yang bekerja pada bidang datar,
siswa menganalisis gerak benda tersebut.
|
|
5
|
||
Gaya Gravitasi
|
Disajikan
data gaya gravitasi antara 2 benda peserta didik dapat menentukan massa benda
M
|
|
6
|
|||
Menentukan
besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia,
atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah
benda tegar.
|
Momen inersia
|
Diberikan gambar dan data sebuah batang yang diputar
pada salah satu ujungnya, siswa dapat menentukan momen inersia batang jika
diputar pada pusatnya
|
|
7
|
||
Dinamika Gerak
rotasi
|
Dengan diketahui massa dan jari-jari sebuah
bola pejal yang diputar dengan kecepatan sudut maka siswa dapat menentukan besarnya
momentum sudut.
Diberikan
gambar sebuah katrol bermassa yang diberi beban, siswa dapat menentukan
besarnya percepatan sistem katrol.
|
|
8
|
|||
Titik berat
|
Di
tunjukan gambar dari benda
yang bentuknya homogen siswa dapat menentukan titik berat benda melalui persamaan titik berat.
|
|
9
|
|||
Menjelaskan
pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran
terkait pada konsep elastisitas.
|
Energi potensial
pegas
|
Dengan diketahui besar
energ potensial pegas yang dipengaruhi
gaya siaswa dapat menentukan besar konstanta pegas.
|
|
10
|
||
Menentukan hubungan
usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan
besaran-besaran yang terkait.
|
Usaha dan perubahan eneri kinetik
|
Diberikan
data tentang perubahan energi
potensial, peserta didik dapat menentukan usaha dari perubahan
energi potensial
Diberikan
data tentang benda yang dijatuhkan dari ketinggian tertentu ,
peserta didik dapat menentukan usaha dari perubahan
energi potensial
|
|
11
|
||
Menentukan
besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik.
|
Perbandingan Ep dan Ek
|
Diberikan
data tentang benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu,
peserta didik dapat menentukan
energi kinetik
|
|
12
|
||
Menentukan
besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum
kekekalan momentum.
|
Impuls = perubahan
momentum
|
Disajikan diskripsi gerak benda, peserta didik dapat menentukanhubunganantaraimpulsdenganperubaha
momentum
|
|
13
|
||
Menjelaskan
hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tekanan hidrosttis
|
Disajikan
gambar berisi fluida dan datamassa jenis, peserta didik dapat menentukan
besar tekanan hidrostatis
|
|
14
|
||
Teorema Toricelli
|
Disajikan
gambar penampang sayap pesawat terbang, siswa menganalisis pengaruh gaya
angkat dan kecepatan aliran udara terhadap gerak pesawat
|
15
|
||||
3.
|
Memahami konsep
kalor dan prinsip konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya
yang menyangkut hukum termodinamika dalam penerapannya mesin kalor.
|
Menentukan pengaruh
kalor terhadap suatu zat, perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan
masalah.
|
Azas Black
|
Diberikan data dua zat yang dicampurkan siswa dapat menentukan suhu akhir
campuran dengan konsep azas Black dengan benar
|
|
16
|
Konduksi
|
|
17
|
||||
Menjelaskan
persamaan umum gas ideal pada berbagai proses termodinamika dan penerapannya.
|
Hubungan V dan T /
Isobarik
|
Disajikan data
suhu,dan volume pada kondisi awal gas, siswa dapat menghitung
perubahan suhu gas dengan menggunakan persamaan umun gas ideal jika volume
berubah
|
|
18
|
||
Mesin Carnot
|
Disajikan gambar siklus dari mesin Carnot yang bekerja pada suhu T1
dan T2 dan diketahui usaha yang dihasilkan oleh mesin Carnot.
Siswa dapat menghitung kalor yang dilepas oleh mesin Carnot tersebut dengan benar.
|
|
19
|
|||
4.
|
Menganalisis konsep
dan prinsip gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah
dan produk teknologi.
|
Menentukan
ciri-ciri dan besaran fisis pada gelombang
|
Persamaan simpangan
gelombang berjalan
|
Disajikan gambar dan data gelombang berjalan siswa dapat menyusun
persamaan gelombang berjalan dengan benar
|
|
20
|
Gelombang umum
|
Diberikan
data tentang gelombang pada permukaan air, siswa dapat menentukan besar cepat
rambat gelombang
|
|
21
|
|||
Menjelaskan
berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Manfaat GEM
|
Siswa dapat menentukan manfaat dari spectrum GEM
dalam kehidupan sehari – hari
|
|
22
|
||
Menentukan
besaran-besaran fisis yang terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau
teropong.
|
Panjang teropong
|
Disajikan data dan gambar siswa dapat menentukan salah
satu besaran Teropong bintang
|
|
23
|
||
Menentukan
besaran-besaran fisis pada peristiwa interferensi atau difraksi.
|
Difraksi pada kisi
|
Disajikan data dan gambar siswa dapat menentukan salah
satu besaran Defraksi
|
|
24
|
||
Menentukan
besaran-besaran fisis yang berkaitan dengan peristiwa efek Doppler.
|
Efek Doppler
|
Disajikan data vs, vp, v, dan fs, siswa
dapat menentukan fp
|
|
25
|
||
Membandingkan
intensitas atau taraf intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik.
|
Intensitas
|
Disajikan data intensitas dan jarak sebuah sumber bunyi peserta didik
dapat menghitung intensitas pada jarak lain
|
|
26
|
||
5.
|
Memahami konsep dan
prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai
penyelesaian masalah.
|
Menentukan
besaran-besaran fisis yang mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
|
Gaya
Coulomb dari beberapa muatan
|
Disajikan dua muatan listrik yang berjarak peserta didik dapat menentukan
gaya Coulomb yang dirasakan oleh sebuah muatan yang berada di antara kedua
muatan tadi dengan benar.
|
|
27
|
Titik di sekitar
dua muatan yang kuat medannya nol
|
Disajikan gambar titik-titik di sekitar dua muatan peserta didik dapat menganalisis karakteristik letak titik yang memiliki
kuat medan listrik nol dengan benar.
|
C4
|
28
|
|||
Menentukan besaran
fisis fluks, potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta
penerapannya pada kapasitas keping sejajar atau rangkaian kapasitor.
|
Kapasitas kapasitor
keping sejajar
|
Disajikan tabel lima kapasitor dengan data berbeda peserta didik dapat
menentukan kapasitas kapasitor keping sejajar yang terbesar
|
|
29
|
||
Menentukan
besaran-besaran listrik pada suatu rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
|
Rangkaian sederhana seri/
satu loop menentukan I
|
Disajikan gambar rangkaian listrik sederhana peserta didik dapat menentukan
besarnya tegangan jepit
|
|
30
|
||
Menentukan induksi
magnet di sekitar kawat berarus listrik.
|
B pada kawat lurus
berarus
|
Disajikan gambar 2 kawat lurus berarus dan datanya peserta didikdapat menentukan
induksi magnet di suatu titik antara kedua kawat dengan benar
|
|
31
|
||
Menentukan arah dan
besar gaya magnetik (gaya Lorentz) pada kawat berarus listrik atau muatan
listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen.
|
Kawat berarus dalam
medan magnet
|
Disajikan gambar kawat berarus di antara kutub magnet
peserta didik dapat menentukan arah gaya magnetik yang dialami kawat tersebut
dengan benar.
|
|
32
|
||
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi atau prinsip kerja transformator.
|
Magnet digerakkan disekitar kumparan
|
Disajikan gambar magnet batang dijatuhkan dalam kumparan.
Peserta didik dapat menentukan faktor – faktor yang menentukan besarnya GGL
induksi dengan benar.
|
|
33
|
||
Besar GGL generator
|
Disajikan tabel jumlah lilitan dan induksi
magnet pada dua generator, siswa dapat menentukan perbandingan ggl
maksimumnya
|
34
|
||||
Menjelaskan
besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung
resistor, induktor, dan kapasitor.
|
Tegangan ujung-ujung
komponen RLC seri
|
Disajikan gambar rangkaian RLC peserta didik
dapat menghitung beda potensial antara dua titik pada rangkaian tersebut dengan benar.
|
|
35
|
||
6.
|
Memahami
konsep dan prinsip kuantum, relativitas, fisika inti dan radioaktivitas dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan
berbagai teori atom.
|
Perpindahan elektron
|
Diberikan data tingkat energi atom hidrogen peserta
didik dapat menghitung perubahan energi dari lintasan dasar kelintasan n = 3
dengan benar.
|
|
36
|
Menentukan besaran-besaran
fisis terkait dengan teori relativitas.
|
Kontraksi panjang
|
Disajikan data tentang panjang benda yang diam dan panjang benda yang
bergerak mendekati kecepatan cahaya. Peserta didik dapat menentukan kecepatan
benda tersebut.
|
|
37
|
||
Menjelaskan
besaran-besaran fisis terkait dengan peristiwa efek foto listrik/efek
Compton.
|
Pergeseran Wien
|
Disajikan data benda hitam sempurna dan suhu.Peserta didik dapat menentukan
panjang gelombang benda tersebut dengan benar
|
|
38
|
||
Menentukan besaran-besaran
fisis pada reaksi inti atom.
|
Energi reaksi inti
|
Disajikan persamaan reaksi inti atom dan data massa tiap partikel .
Peserta didik dapat menentukan besarnya energy reaksi fusi dengan benar
|
|
39
|
||
Menjelaskan
macam-macam zat radioaktif atau pemanfaatannya.
|
Manfaat ZRA
|
Disajikan beberapa contoh penerapan radioisotop peserta didik dapat
menentukan pemanfaatan yang benar dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
40
|
No comments:
Post a Comment