Saturday, 12 December 2015

kisi-kisi soal try out fisika 2016



KISI-KISI SOAL PREDIKSI UJIAN NASIONAL TAHUN 2015/2016
PAKET 01

MATA PELAJARAN
FISIKA



KISI-KISI PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2015/2016
PAKET 01

Jenis sekolah        :      SMA                             Jumlah Soal                             :      40
Mata pelajaran      :      Fisika                                                                      Bentuk Soal                                      :                             Pilihan Ganda
Kurikulum            :      2013                             Penyusun                             :      TIM
Alokasi waktu      :      120 menit                                                                                                                                

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
MATERI
INDIKATOR SOAL
TINGKAT KESUKARAN
NO SOAL
1.
Memahami prinsip-prinsip pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan obyektif.
Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting.
Jangka Sorong
Ditunjukkan pengukuran dengan menggunakan jangka sorong, siswa dapat menentukan diameter plat(panjang batang) logam.

1
Menentukan resultan vektor dengan berbagai cara.
Resultan vektor metode analitis
 Diberikan diagram cartesius tiga buah vektor,siswa  dapat menentukan  besar dan arah resultan vektor dengan metode analitis.

2
2.
Memahami gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls, momentum dan masalah fluida.
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola.
GLB
 Diberikan data hasil percobaan tetesan oli motor yang melaju pada jalan lurus, siswa dapat  menentukan jenis gerak benda (GLB/GLBB)

3
Hubungan roda-roda
 Diberikan gambar hubungan roda-roda, siswa dapat membandingkan kecepatan sudut roda- roda

4
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Hukum II Newton
 Diberikan gambar gaya-gaya yang bekerja pada bidang datar, siswa menganalisis gerak benda tersebut.

5
Gaya Gravitasi
Disajikan data gaya gravitasi antara 2 benda peserta didik dapat menentukan massa benda M

6
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
Momen inersia
Diberikan gambar dan data sebuah batang yang diputar pada salah satu ujungnya, siswa dapat menentukan momen inersia batang jika diputar pada pusatnya

7
Dinamika Gerak rotasi
Dengan diketahui massa dan jari-jari sebuah bola pejal yang diputar dengan kecepatan sudut maka siswa dapat menentukan besarnya momentum sudut.
Diberikan gambar sebuah katrol bermassa yang diberi beban, siswa dapat menentukan besarnya percepatan sistem katrol.

8
Titik berat
Di tunjukan gambar dari benda yang bentuknya homogen siswa dapat menentukan titik berat benda melalui persamaan titik berat.

9
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas.
Energi potensial pegas
Dengan diketahui besar energ potensial pegas yang dipengaruhi gaya siaswa dapat menentukan besar konstanta pegas.

10
Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait.
Usaha dan perubahan eneri kinetik
Diberikan data tentang perubahan energi potensial, peserta didik dapat menentukan usaha dari perubahan energi potensial
Diberikan data tentang benda yang dijatuhkan dari ketinggian tertentu , peserta didik dapat menentukan usaha dari perubahan energi potensial

11
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik.
Perbandingan Ep dan Ek
Diberikan data tentang benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu, peserta didik dapat menentukan energi kinetik

12
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan momentum.
Impuls = perubahan momentum
Disajikan diskripsi gerak benda, peserta didik dapat menentukanhubunganantaraimpulsdenganperubaha momentum

13
Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Tekanan hidrosttis
Disajikan gambar berisi fluida dan datamassa jenis, peserta didik dapat menentukan besar tekanan hidrostatis

14
Teorema Toricelli
Disajikan gambar penampang sayap pesawat terbang, siswa menganalisis pengaruh gaya angkat dan kecepatan aliran udara terhadap gerak pesawat

15
3.
Memahami konsep kalor dan prinsip konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam penerapannya mesin kalor.
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat, perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah.
Azas Black
Diberikan data dua zat yang dicampurkan siswa dapat menentukan suhu akhir campuran dengan konsep azas Black dengan benar

16
Konduksi
Diberikan gambar dua logam yang dikerling jadi satu dengan suhu ujung – ujung setiap logam berbeda, siswa dapat menentukan suhu sambungannya

17
Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada berbagai proses termodinamika dan penerapannya.
Hubungan V dan T / Isobarik
Disajikan data  suhu,dan volume pada kondisi awal gas, siswa dapat menghitung perubahan suhu gas dengan menggunakan persamaan umun gas ideal jika volume berubah

18
Mesin Carnot
Disajikan gambar siklus dari mesin Carnot yang bekerja pada suhu T1 dan T2 dan diketahui usaha yang dihasilkan oleh mesin Carnot. Siswa dapat menghitung kalor yang dilepas oleh mesin  Carnot tersebut dengan benar.

19
4.
Menganalisis konsep dan prinsip gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada gelombang
Persamaan simpangan gelombang berjalan
Disajikan gambar dan data gelombang berjalan siswa dapat menyusun persamaan gelombang berjalan dengan benar

20
Gelombang umum
Diberikan data tentang gelombang pada permukaan air, siswa dapat menentukan besar cepat rambat gelombang

21
Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
Manfaat GEM
Siswa dapat menentukan manfaat dari spectrum GEM dalam kehidupan sehari – hari

22
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.
Panjang teropong
Disajikan data dan gambar siswa dapat menentukan salah satu besaran Teropong bintang

23
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa interferensi atau difraksi.
Difraksi pada kisi
Disajikan data dan gambar siswa dapat menentukan salah satu besaran Defraksi

24
Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan dengan peristiwa efek Doppler.
Efek Doppler
 Disajikan data vs, vp, v, dan fs, siswa dapat menentukan fp

25
Membandingkan intensitas atau taraf intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik.
Intensitas
Disajikan data intensitas dan jarak sebuah sumber bunyi peserta didik dapat menghitung intensitas pada jarak lain

26
5.
Memahami konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah.
Menentukan besaran-besaran fisis yang mempengaruhi medan listrik dan  hukum Coulomb.
Gaya Coulomb dari beberapa muatan
Disajikan dua muatan listrik yang berjarak peserta didik dapat menentukan gaya Coulomb yang dirasakan oleh sebuah muatan yang berada di antara kedua muatan tadi dengan benar.

27
Titik di sekitar dua muatan yang kuat medannya nol
Disajikan gambar titik-titik di sekitar dua muatan peserta didik dapat menganalisis karakteristik letak titik yang memiliki kuat medan listrik nol dengan benar.
 C4
28
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas keping sejajar atau rangkaian kapasitor.
Kapasitas kapasitor keping sejajar
Disajikan tabel lima kapasitor dengan data berbeda peserta didik dapat menentukan kapasitas kapasitor keping sejajar yang terbesar

29
Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
Rangkaian sederhana  seri/ satu loop menentukan I
Disajikan gambar rangkaian listrik sederhana peserta didik dapat menentukan besarnya tegangan jepit

30
Menentukan induksi magnet di sekitar kawat berarus listrik.
B pada kawat lurus berarus
Disajikan gambar 2 kawat lurus berarus dan datanya peserta didikdapat menentukan induksi magnet di suatu titik antara kedua kawat dengan benar

31
Menentukan arah dan besar gaya magnetik (gaya Lorentz) pada kawat berarus listrik atau muatan listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen.
Kawat berarus dalam medan magnet
Disajikan gambar kawat berarus di antara kutub magnet peserta didik dapat menentukan arah gaya magnetik yang dialami kawat tersebut dengan benar.

32
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi atau prinsip kerja transformator.
Magnet digerakkan disekitar kumparan
Disajikan gambar magnet batang dijatuhkan dalam kumparan. Peserta didik dapat menentukan faktor – faktor yang menentukan besarnya GGL induksi dengan benar.

33
Besar GGL generator
Disajikan tabel jumlah lilitan dan induksi magnet pada dua generator, siswa dapat menentukan perbandingan ggl maksimumnya

34
Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
Tegangan ujung-ujung komponen RLC seri
Disajikan gambar rangkaian RLC peserta didik dapat menghitung beda potensial antara dua titik pada  rangkaian tersebut dengan benar.

35
6.
Memahami konsep dan prinsip kuantum, relativitas, fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan berbagai teori atom.
Perpindahan elektron
Diberikan data tingkat energi atom hidrogen peserta didik dapat menghitung perubahan energi dari lintasan dasar kelintasan n = 3 dengan benar.

36
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan teori relativitas.
Kontraksi panjang
Disajikan data tentang panjang benda yang diam dan panjang benda yang bergerak mendekati kecepatan cahaya. Peserta didik dapat menentukan kecepatan benda tersebut.

37
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan peristiwa efek foto listrik/efek Compton.
Pergeseran Wien
Disajikan data benda hitam sempurna dan suhu.Peserta didik dapat menentukan panjang gelombang benda tersebut dengan benar

38
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
Energi reaksi inti
Disajikan persamaan reaksi inti atom dan data massa tiap partikel . Peserta didik dapat menentukan besarnya energy reaksi fusi dengan benar

39
Menjelaskan macam-macam zat radioaktif atau pemanfaatannya.
Manfaat ZRA
Disajikan beberapa contoh penerapan radioisotop peserta didik dapat menentukan pemanfaatan yang benar dalam kehidupan sehari-hari.

40

No comments:

Post a Comment